Kotagede Punya Tangan-Tangan Terampil

by Unknown , at 04.28 , have 0 komentar
Proses Pengukiran Kerajinan Perak


Sebuah daerah yang berada sekitar 5 kilometer arah tenggara dari pusat kota Yogyakarta yaitu Kotagede, mempunyai banyak orang-orang yang terampil dalam kerajinan. Kotagede merupakan kota tua yang dahulu adalah wilayah mataram sebagai cikal bakal kota Yogyakarta pada saat ini.

Kota yang nyaman, aman serta ramah tamah penduduknya ini menjadikan kerajinan perak sebagai komoditas utama di kota. Keterampilan penduduk kotagede adalah warisan sejak ratusan tahun dari para pendahulunya.

Sejak jaman dahulu mereka telah melayani berbagai kebutuhan kerajinan untuk keraton sendiri. Dengan segala kebiasaan yang dibawa sejak jaman dahulu ini menjadikan keahlian turun menurun keturunannya. Hingga saat ini banyak sekali pengusaha pengrajin di kotagede.

Tempat menarik di perak 
Perak memiliki kekhasan tersendiri sebagai perhiasan selain emas, karena selain harganya yang murah dibandingkan dengan emas, perak juga memiliki warna silver yang menawan sehingga enak dipandang dan dijadikan perhiasan sehingga dapat mempercantik bagi yang menggunakannya. Dalam kerajinan perak di Kotagede, para pengrajin perak dapat membuat berbagai kerajinan seperti cincin tunangan, cincin couple, model cincin pria, model cincin wanita, emban akik, anting, gelang, topi serta kerajinan lainya yang terbuat dari perak. Kita juga dapat memesan kerajinan perak sesuai dengan keinginan kita.Untuk pemesanan kerajinan perak membutuhkan waktu tertentu sesuai dengan tingkat kesulitan model yang kita pesan dan untuk soal harga akan mengikuti.

Ketika kita berkunjung ke kota Yogyakarta maka tidak utama jikalau tidak menjajaki Kotagede. Disana kita bisa melihat di berbagai sudut toko - toko pengrajin perak. Bahkan kita bisa menyaksikan proses - proses kerja pengrajin dari awal hingga akhir proses pembuatan berbagai souvenir.

Untuk alamat toko - toko yang menyediakan berbagai macam kerajinan perak kita bisa berkunjung ke :
  • Ansor' S Silver
    Alamat: Jl. Tegalgendu 28 Kotagede Yogyakarta
  • Cv. Salim Silver
    Alamat: Kebohan KG 3/ 547 Kotagede Yogyakarta 55173 
  • Yan's Gallery
    Alamat: Jl. Kemasan 178 Basen Kotagede Yogyakarta
  • Dalas Silver
    Alamat: Alun - Alun KG III/ 777 Kotagede Yogyakarta
  • Hs. Silver 800- 925
    Alamat: Jl. Mondorakan 1, Kotagede, Yogyakarta
  • Mila Silver
    Alamat: Jl. Kemasan 52 Kotagede, Yogyakarta
  • Narti Silver
    Alamat: Jl. Tegalgendu 22 Kotagede, Yogyakarta
  • Nr Silver
    Alamat: Jl. Kemasan 71 Kotagede, Yogyakarta Telp 71196 
  • Nufa's Silver
    Alamat: Jl. Kemasan 68 A Kotagede, Yogyakarta Telp 75589

dan masih banyak yang lainnya, pokoknya di sepanjang jalan kemasan Kotagede baik kanan maupun kiri berjejer toko - toko kerajinan perak yang memiliki kekhasan tersendiri.


Seperti apa Kotagede itu? mungkin bisa liat video berikut sekilas tentang Kotagede pengrajin perak.


 sumber : youtube.com

sumber gambar : http://2.bp.blogspot.com, http://3.bp.blogspot.com
Kotagede Punya Tangan-Tangan Terampil
Kotagede Punya Tangan-Tangan Terampil - written by Unknown , published at 04.28, categorized as Kotagede . And have 0 komentar
Previous Posting Lebih Baru
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2013 SouvenirKu by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger